Tips Yang Perlu Diingat Saat Membeli Drone Untuk Pertama Kali

Quadcopter atau yang biasa kita dengar dengan drone bukan lagi teknologi robotik yang hanya digunakan oleh dunia militer. Drone berbentuk helikopter sekarang sudah menjadi mainan bagi orang dewasa dan anak-anak yang ditekuni sebagai hobi.

Membutuhkan Keahlian Khusus Dalam Menerbangkan Drone

Untuk menerbangkan drone tentunya diperlukan keahlian khusus untuk bisa menerbangkannya. Itulah mengapa sekarang sedang menjamur berbagai komunitas sebagai wahana yang didirikan untuk membantu para pencinta drone memaksimalkan hobinya. Drone memang memiliki berbagai macam spesifikasi yang bermanfaat bagi segala bidang sehingga tidak heran. Jika biasanya drone dengan spesifikasi terbaik memiliki harga yang relatif mahal dan hanya dimiliki oleh berbagai kalangan saja.

Namun semakin berkembangnya zaman, telah banyak berbagai jenis drone dengan harga yang murah dan mudah dijangkau bagi sebagian masyarakat yang memiliki budget terbatas. Meskipun semakin beragam macam drone di pasaran, namun untuk memilih drone yang pas untuk diri kita tidaklah mudah. Secara umum terdapat lima faktor yang harus dipertimbangkan sebelum kita membeli drone.

Berikut adalah beberapa tips yang perlu kita ingat sebelum kita membeli drone untuk pertama kali.

Sensor GPS

Waktu terbang

Waktu terbang adalah waktu yang dibutuhkan drone untuk dapat terbang dalam satu kali pengisian daya baterai. Terdapat beberapa faktor yang menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan drone untuk terbang seperti ukuran baterai, berat dan arah gerak drone dalam satu kali terbang. Secara keseluruhan, drone pada umumnya dapat terbang tidak lebih dari dua puluh lima menit.

Level kemampuan 

Hal ini adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli drone. Jika kamu membeli drone dengan di luar batas kemampuan kamu dalam teknik menerbangkannya, hal tersebut hanyalah sia-sia dan membuang duit saja. Sedikit saran sebagai pemula, sebaiknya asah dulu kemampuan yang kita miliki dan belilah drone yang lebih murah, kemudian jika kemampuan dalam menerbangkannya sudah semakin lihai, maka barulah kita membeli drone yang lebih mahal.

Sensor GPS

Sensor GPS biasanya hanya ditemukan di drone dengan harga yang mahal, karena GPS yang ada di dalam drone tersebut sangatlah berguna. Sebgai contohnya GPS dapat membiarkanmu untuk mengatur koordirnat tempat drone akan terbang. Sensor GPS juga mempunyai fitur “return home” yang mana akan membuat drone tersebut terbang kembali ke lokasi awal drone diterbangkan. Bandar ceme

Jenis Kamera

Biasanya drone dengan harga murah tidak memiliki kemampuan FPV (First Person Viewing) atau resolusi gambar yang dihasilkan tidak begitu baik. FPV adalah sabuah kemampuan dalam drone yang mana memungkinkan pilotnya dapat langsung melihat apa yang ditangkap oleh drone. Seperti pribahasa “ada harga ada rupa”, maka saran yang terbaik bagi pemula adalah belilah drone yang murah dahulu daripada tidak membelinya sama sekali, karena seperti pada point sebelumnya, tingkatkan dulu kemampuan yang kita miliki untuk menerbangkan drone sebelum kita membeli drone yang lebih mahal.

Transmitter

Transmitter atau alat kontrol adalah alat yang memudahkan kalian untuk mengontrol arah terbang drone. Biasanya tranmitter ini memiliki dua stik analog dan beroperasi di frekuensi 2.4GHz. Transmitter yang dapat mengubah arah terbang drone bertepatan dengan saat kita menggerakan stik transmitter cenderung lebih banyak disukai oleh orang-orang. Karena hal tersebut dapat memberika kemudahan seseorang dalam mengatur arah terbang drone.

Sekian tips-tips yang perlu diingat sebelum membeli drone untuk pertama kalinaya. Dari-segala tips di atas, hal yang perlu selalu kita ingat sebelum membeli drone untuk pertama kalinya adalah selalu pilihlah model drone. Dengan harga yang lebih murah untuk di beli sebelum kemudian kita dapat memebeli drone yang harganya relatif lebih mahal, selaras dengan keahlian kita yang semakin meningkat. Sekian. Semoga bermanfaat.