Mengintip Popularitas Mainan Diecast

Mengintip Popularitas Mainan Diecast. Mainan diecast ini dapat diatakan sebagai salah satu mainan paling populer di kalangan anak-anak selain daripada boneka. Ada banyak sekali model yang diproduksi oleh macam-macam perusahaan mainan di luar negeri. Contohnya saja seri pertama dari model Days Gone yang mencakup remake dari beberapa produk matchbox.

Generasi Pertama Mainan Diecast

Generasi Pertama Mainan Diecast

Generasi pertama dan generasi kedua paling banyak diminati dan dikagumi oleh banyak orang. Selanjutnya pada tahun 80-an, model Lledo dalah mainan yang sangat populer, namun sayangnya kepopuleran tersebut dikalahkan oleh merek lain hingga akhirnya pada tahun 2002 Lledo bangkrut. Part atau bagian dari alat produksi dan bahan-bahan dibeli oleh Crogi, kemudian Crogi pindah ke China untuk memproduksi mainan. Ada lagi perusahaan oxford diecast yang mengembangkan berbagai macam miniatur kendaraan yang berfungsi sebagai media promosi. Oxford diecast ini menjadi perusahaan mainan diecast terakhir yang lokasi produksinya terletak di Inggris.

Mengikuti Crogi, Oxford Diecast kemudian berpindah produksi ke China. Meskipun begitu semua pasokan barangnya dan segala macamnya alatnya didatangkan dari luar China. Selain daripada truk, Crogi sendiri menghasilkan ratusan mainan bus routesmaker dengan skala 1/64, hal itu terjadi di tahun 80-an dan 90-an. Hal tersebut kemudian dijadikan sebagai media promosi. Banyak sekali versi yang dibuat untuk kemudian dijual, namun di badan bus tersebut muncul iklan-iklan barang atau jasa yang sudah bekerja sama dengan crogi. Ide tersebut kemudian diikuti oleh perusahaan luar China, yakni Dion yang berasal dari Afrika Selatan.

Beberapa Pabrik Diecast Mengalami Kebangkrutan Pada Tahun 90′

Selanjutnya ada trend baru yakni bus skala1/76 yang sangat populer sekali di Inggris pada akhir 80-an dan awal 90-an. Dengan banyaknya persaingan miniatur bus dan mobil dari pabrikan terkenal seperti Crogi dan Gilbow Holdings. Skala 1/76 ini lebih populer untuk membuat miniatur kereta. Hal itu juga sekaligus sebagai penyegaran terhadap dunia mainan diecasting yang seringkali diramaikan oleh mobil dan kendaraan beroda saja. Pada tahun 1990-an, perusahaan bernama NASCAR menjadi sangat populer di Amerika Seriat. Perusahaan tersebut mmeproduksi miniatur mainan balap dan racing yang pada saat itu amat sangat digemari oleh anak muda. Merek yang diangkat oleh NASCAR adalah Racing Champions. Namun tak hanya NASCAR saja yang menjadi perusahaan yang mengeluarkan mobil balap, ada banyak pula perusahaan lainnya namun yang paling terkenal dan berada di puncak adalah NASCAR.

Die cast klasik

Selain dari pada mobil, truk, pesawat, dan bus, mainan diecast yang bertemakan militer juga tak kalah terkenal dan populer. Mainan action figur tentara sangat disuai oleh anak-anak, bahkan ada perusahaan yang mengekuarkan satu set  mainan tentara lengkap dengan senjata dan tank besar yang dapat didorong berjalan. Salah satu produsennya adalah Dyna Fytes yang mengalami kebangkrutan pada tahun 1990. Pasar mainan diecast militer kemudian segera diambil alih oleh pesaing seperti Schabak dan Dragon Wings. Pada tahun 2005, oxford diecast oxford diecast memberanikan diri untuk memproduksi mainan dengan skala akurat. Berbagai macam kendaraan di Inggris yang populer dibuat dalam skala 1:76 dan 1:148. Itulah tadi sedikit mengenai kepopuleran mainan diecast dari masa ke masa, ternyata perkembangannya tidak selalu baik dantentu saja tidak mudah. Ada banyak perusahaan yang bersaing untuk dapat berada di puncak dan menghasilkan produk yang berkualitas. Mainan diecast sendiri yang paling populer adalah mobil-mobilan