Mainan Diecast Dari Masa Ke Masa

Mainan Diecast Dari Masa Ke Masa. Ada banyak sekali perusahaan yang memproduksi mainan yang memproduksi mainan jenis diecast. Semuanya bermula sejak awal abad 20.

Ada banyak perusahaan yang berlomba-lomba dalam memproduksi mainan miniatur kendaraan untuk anak-anak. Ada yang menarik dari diecast ini sendiri, bahwa selama tahun 1960 mainan diecast dilibatkan dalam beberapa iklan. Tentu saja seorang anak juga dijadikan sebagai model iklan di dalamnya. Mengapa? Sebab anak-anak dinilai menjadi salah satu faktor utama yang menentukan apakah orang tua harus membeli barang yang diiklankan. Masih belum paham? Jika anak menginginkan sesuatu, maka sebisa mungkin orang tua akan membelikan barang tersebut untuk anak. Apalagi sebuah barang yang berguna bagi tumbuh kembang anak. Kembali lagi pada pembahasan mengenai persaingan perusahaan pembuat mainan pada masanya.

Mainan Diecast

Mainan diecast dari masa ke masa tak hanya menjadi sebuah mainan anak-anak saja. Ada banyak sekali peran miniatur mainan tersebut. Misalnya saja pada tahun 1980-an ketika mainan diecast juga sudah mulai dibeli oleh banyak orang dewasa. Bukan lagi sebagai mainan, namun lebih kepada sebuah koleksi semata. Koleksi mainan diecast bagi sebagian besar orang adalah hal yang seru, terlebih ketika koleksi mainan sudah menjadi barang langka. Akan ada rasa kebanggan tersendiri berkat sudah memiliki mainan tersebut sebagai koleksi. Anda juga harus tahu, bahwa seri mainan yang sudah lama dan susah untuk ditemukan akan mengalami kenaikan harga yang sangat tinggi sekali.

Selanjutnya banyak perusahaan seperti McDonald, Kodak, Roebuck, dan Texaco. Yang bekerjasama dengan perusahaan mainan untuk membuat sebuah mainan atau minitur yang memuat unsur-unsur bisnis mereka. Seperti logo dan maskot perusahaan. Salah satu contohnya adalah sebuah pesawat mainan yang dibuat oleh Matchbox. Hal itu merupakan sebuah ide yang sangat cemerlang untuk media promosi. Lalu ide tersebut banyak ditiru oleh maskapai penerbangan lainnya. Dari masa ke masa, mainan diecast sangat variatif dari segi tampilan dan harga. Beberapa model yang dibuat khusus untuk daerah atau pasar tertentu dengan cepat menjadi sangat mahal di tempat yang lain. Hal itu karena edisi yang dibuat sangat terbatas.

Mainan Diecast Dari Masa Ke Masa

Contoh mainan diecast yang mahal adalah Arnott’s Biscuit yang berasal dari Australia dan Sunlight Seife yang merupakan media promosi sabun ari Jerman. Corgi Classic meniru ide tersebut pada pertengahan tahun 80-an, perusahaan tersebut memproduksi lebih dari 50 versi van Thornycraft tahun 1920-an. Sayangnya beberapa kolektor mainan diecast meremehkan produk tersebut. Sebab menilai dari kualitas cor yang hampir semuanya sama, yang berbeda hanya dari segi dekorasi saja. Sebenarnya apa tolak ukur para kolektor untuk membeli mainan miniatur mobil diecast tersebut. Mudah saja sebab yang dilihat adalah pada detailnya. Kalau sebuah mobil atau miniatur tidak dapat dibedakan antara satu dengan yang lainnya. Dalam jarak 10 meter, maka mainan diecast tersebut tidak layak untuk dibeli.

Nuansa berbeda dalam pembuatan mainan diecast muncul juga pada tahu 70-an. Saat itu pembuat maianan asal Jepang tersebut memprodusi action figur tokoh mainan Bandai. Campuran bahan super digunakan untuk membuat mainan robot miniatur tersebut, sehingga jelas harganya lebih mahal dan lebih awet. Produk tersebut adalah dimaksudkan untuk agar anak-anak dapat merasakan tokoh dalam anime bisa menjadi nyata dan dapat dilihat secara seksama. Ada sensasi berbeda yang dapat dirasakan ketika bermain mainan diecast dalam bentuk robot.