Jenis – Jenis Drone

Jenis – Jenis Drone. Salah satu benda teknologi baru yang sedang booming adalah drone, benda satu ini menjadi benda yang masih langka dan masih terbilang mahal, karena harga drone bisa sampai puluhan juta.

Drone sendiri merupakan sebuah alat teknologi modern yang memiliki bentuk seperti pesawat terbang. Hanya saja orang yang mengoperasikannya berada di bawah, pengguna drone akan menggunakan remote control untuk mengontrol drone. Awalnya drone digunakan dalam bidang militer dan pemerintahan. Drone digunakan sebagai pemantau keadaan kawasan bencana, kawasan musuh, kawasan perbatasan negara, dan lain sebagainya.

Namun sekarang ini keberadaan drone bisa digunakan oleh umum. Drone bisa dijadikan sebagai hiburan atau hoby saja, bisa juga digunakan sebagai alat untuk mengontrol dan mamandu lahan pertanian dan perkebunan yang luas. Bahkan drone juga bisa digunakan sebagai alat pematau konstruksi. Gedung pencakar langit yang memiliki resiko besar bisa menggunakan drone untuk mengetahui daerah mana saya yang sudah rusak dan daerah mana saja yang tidak perlu dibenahi.

Jenis – Jenis Drone

Penting diketahui bahwa ada banyak jenis drone yang penting anda ketahui, dilihat dari macamnya drone dibagi menjadi tiga, diantaranya adalah drone RTF atau ready to fly, merupakan drone yang bisa anda terbangkan secara langsung, drone ini sudah komplit dan sempurna, hanya saja anda perlu memasang terlebih dahuku baling-baling bambu dan ces baterainya. Kedua adalah RNF atau bind of fly, merupakan drone yang harus disetting terlebih dahulu sebelum digunakan, drone jenis ini dilengkapi dengan remote control. Sehingga pasti sangat seru memainkannya. Ketiga adalah ARF atau almost ready to fly, merupakan drone yang dijual secara terpisah, anda harus mendapatkan bagian-bagian drone dan merakitnya sendiri agar membentuk drone.

Untuk lebih lengkapnya bisa melihat jenis-jenis drone dibawah ini :

Quadcopter

Jenis drone ini adalah jenis yang paling mudah anda temukan dipasaran. Memiliki 4 baling-baling dengan bentuk persegi yang memiliki fungsi untuk membelok dan mengangkat. Drone jenis ini tidak memiliki kepala sehingga anda dengan mudah bisa memutar drone kemana saja.Untuk pemakaian hanya selama 5 hingga 10 menit saja.

Trick Drone

Jenis trick drone hanya bisa digunakan oleh seseorang yang sudah menguasai RTF drone. Jenis drone ini bisa anda gunakan atas bawah, maju mundur dan melakukan maneuver lainnya. Memiliki panjang 26 cm, didrone ini juga dilengkapi dengan alat kendali yang cukup mudah digunakan untuk pemula.

Delivery Drone

Dikenal juga dengan nama troly melayang, drone satu ini mampu membawa barang, untuk kemampuan angkat sekitar 8 hingga 13,6 kg. Delivery drone sering digunakan pihak militer untuk mengirim logistic kedaerah yang sulit dijangkau.

Helicopter Drone

Helicopter drone hanya menggunakan satu mesin saja. Jika anda memilih drone ini maka anda akan merasakan penerbangan yang lebih mudah dibanding dengan menerbangkan drone yang memiliki empat baling-baling. Drone satu ini memiliki arah depan, sehingga anda harus bergerak dengan hati-hati.

Racing Drone

Drone ini sangat cocok untuk anda yang menggunakan drone untuk hoby atau bersenang-senang. Racing drone bisa anda gunakan untuk melakukan balapan, memiliki kecepatan yang lebih besar mencapai 70 hingga 80 km perjamnya.

Dengan mengetahui jenis-jenis drone diatas maka anda bisa mengetahui drone manakah yang paling anda butuhkan. Dengan menggunakan drone yang tepat maka apa yang anda butuhkan bisa lebih mudah dilakukan.