4 Cara Mudah Menggunakan Drone Bagi Pemula

Akhir-akhir ini, ada sebuah kecanggihan teknologi yang sedang booming atau sedang terkenal dimasyarakat. Ialah sebuah pesawat atau kendaraan udara yang bisa terbang tanpa adanya awak didalamnya. Alat tersebut dinamakan dengan sebutan drone.

Apa Yang Dimaksud Dengan Drone

Pernahkah Anda mendengar istilah drone tersebut? Drone merupakan sebuah kendaraan udara yang berbentuk mirip dengan pesawat atau helikopter namun dengan ukuran yang lebih kecil. Jika pesawat dan helikopter adalah kendaraan udara yang dikendalikan oleh orang-orang yang berada didalamnya, hal ini berbeda dengan drone. Karena ukurannya yang kecil, drone dapat dikendalikan tanpa adanya seseorang didalam kendaraan udara tersebut. Orang yang mengendalikan drone berada didaratan dan tidak ikut mengudara bersamanya. Cara mengendalikannya adalah menggunakan sebuah alat yang mirip dengan remote control. Oleh karena itu, kemampuan pengendali drone sangat memengaruhi kinerja drone tersebut.

Dahulu, drone hanya terkenal dibeberapa kalangan tertentu saja. Misalnya dikalangan para tentara yang berfungsi sebagai mata-mata, atau ditangan para pemerintah yang berfungsi untuk mengawasi suatu keadaan atau situasi. Namun, lama kelamaan eksistensi drone semakin meluas. Hal ini dibuktikan dengan meluasnya drone dikalangan masyarakat umum dan biasa. Hingga saat ini, drone dapat dimiliki oleh siapa saja, tanpa terkecuali.

Baik itu masyarakat yang turut membantu tugas pemerintah, hingga masyarakat biasa yang tidak memiliki hubungan apapun dengan tugas-tugas negara tersebut. Kelebihan drone ini biasanya dimanfaatkan oleh kalangan masyarakat yang mencintai dunia seni. Khususnya seni fotografi dan videografi. Dengan memanfaatkan drone, foto maupun video yang didapatkan akan menjadi berbeda dari kamera biasa yang tidak bisa terbang. Dan tentu saja, hasil yang didapatkan akan menjadi lebih baik.

Bagi Anda yang memiliki teman yang menyukai kedua dunia itu, pasti Anda sering mendengar mereka menyebut-nyebut istilah drone. Tentu saja, kecanggihan teknologi tidak boleh Anda lewatkan, karena dengan perkembangnya teknologi yang ada, menandakan bahwa zaman yang ada juga terus berkembang. Untuk itu, apakah Anda berminat untuk mencoba kecanggihan teknologi yang satu ini? Bagi Anda yang berminat untuk mencobanya, berikut merupakan langkah-langkah yang dapat Anda ikuti terlebih dahulu. Langkah-langkah ini memudahkan Anda sebagai pemula untuk menggunakan drone tersebut.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menerbangkan Drone

Pelajari seluruh keadaan. Hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mengenali lingkungan tempat Anda akan menerbangkan drone. Usahakan cari sebuah tanah lapang atau lapangan agar Anda menjadi lebih leluasa. Selain itu, bagi Anda yang perdana menggunakan drone, hindari menerbangkan drone ditempat-tempat yang memiliki banyak benda yang menjulang tinggi seperti pohon, tiang listrik, dan yang lainnya. Keadaan kedua yang harus Anda pelajari adalah drone yang Anda miliki. Sebelum menerbangkan, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu spesifikasi drone yang Anda miliki dan fungsi dari seluruh elemen yang ada.

Anda dapat mempelajarinya dengan membaca buku panduan, melihat di internet, atau bertanya pada teman Anda yang lebih mengerti.

  • Nyalakan drone. Setelah Anda menyiapkan situasi dan keadaan lingkungan maupun drone Anda, sekarang adalah saatnya Anda untuk menyalakannya. Caranya adalah nyalakan quadcopter lalu transmitter drone Anda.
  • Hubungkan quadcopter. Setelah menyalakannya, Anda harus menghubungkannya dengan cara menggerakkan throttle pada sebuah mode (tergantung jenis drone Anda). Tunggu hingga quadcopter berbunyi dan transmitter mengedipkan sebuah lampu.
  • Menyalakan motor dan baling-baling. Untuk menyalakannya, Anda dapat menggerakkan throttle sebelah kiri.
  • Take off. Setelah motor dan baling-baling nyala, langkah selanjutnya adalah take off. Caranya adalah angkat quadcopter secara perlahan keatas sambil mendorong throttle kedepan. Ini merupakan saat-saat drone akan take off. Anda dapat mempelajari langkah ini secara berulang-ulang agar Anda mahir terlebih dahulu barulah mempelajari langkah yang lainnya. Selamat mencoba!