3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Drone

Saat ini, mungkin banyak dari Anda maupun teman-teman Anda yang menggunakan suatu teknologi terkini yang sering disebut sebagai Drone. Anda juga pasti sering mendengar istilah drone. Namun, tahukan Anda, apa definisi atau pengertian dari drone itu sendiri? Drone merupakan suatu hasil dari kecanggihan teknologi saat ini yang dapat membantu pekerjaan manusia. Drone merupakan sebuah kendaraan udara tanpa awak. Kendaraan udara ini berbentuk seperti pesawat atau helikopter pada umumnya namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Drone Adalah Kendaraan Udara Tanpa Awak

Akan tetapi, bila biasanya pesawat atau helikopter dikendalikan oleh seseorang yang berada di awak kabin, berbeda halnya dengan drone. Drone merupakan kendaraan udara yang bisa mengudara tanpa awak kabin didalamnya. Drone dikendalikan oleh seseorang yang stay atau tetap tinggal didaratan. Cara mengendalikannya pun menggunakan sebuah alat yang mirip seperti remote control. Karena ukurannya yang kecil dan praktis, dan juga tidak membutuhkan seseorang didalamnya, menjadikan drone sebagai alat yang memiliki banyak fungsi dan manfaat. Salah satunya adalah digunakan sebagai agen mata-mata oleh para tentara di dunia ini.

Walaupun dahulu digunakan sebagai agen mata-mata oleh para tentara, namun sekarang drone sudah lebih merakyat. Saat ini, drone tidak hanya terbatas atau terkenal dikalangan para tentara saja. Namun sebagian besar masyarakat awam pun sudah banyak yang memiliki teknologi canggih yang satu ini. Biasanya, drone dimiliki oleh orang-orang yang mencintai dunia fotografi maupun videografi. Akan tetapi, bukan berarti hanya orang-orang yang mencintai dunia fotografi dan videografi yang dapat memiliki alat ini. Semua orang boleh memilikinya, tak terkecuali Anda. Namun, bagi Anda yang tertarik ingin memiliki drone ini, ada beberapa tips dan trick yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum membeli drone tersebut.

Tips dan trick ini berguna bagi Anda masyarakat pemula yang ingin memiliki drone. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, diantaranya adalah:

  1. Body Drone

Body atau badan drone tersebut merupakan hal pertama yang harus Anda perhatikan. Jika Anda adalah seseorang yang baru pertama kali menggunakan drone, ada baiknya Anda membeli body drone yang ringan namun memiliki ketahanan yang kuat. Body yang ringan ini akan mempermudah Anda untuk mengoperasikan drone terbang dibandingkan drone dengan body yang berat.

  1. Fitur Drone

Lalu, hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah fitur drone itu sendiri. Bagi Anda yang pemula, ada baiknya Anda memilih untuk membeli drone yang memiliki fitur lebih sederhana. Misalnya saja carilah drone yang memiliki fitur auto take off dan auto landing. Kedua fitur ini sangat membantu apabila tiba-tiba Anda kesulitan untuk mengontrol drone Anda. Jika sudah mengudara, lalu Anda kehilangan kendali, gunakanlah tombol auto landing agar drone Anda mendarat dengan segera.

  1. Jangkauan terbang

Selanjutnya adalah mengenai jangkauan terbang drone yang akan Anda beli. Jangkauan terbang drone yang dimaksud adalah jarak antara drone dengan remote conrol terjauh sampai drone tetap bisa menerima signal dri remote control Anda. Bagi Anda para pemula, ada baiknya Anda membeli drone dengan jangkauan yang tidak terlalu jauh.

Body drone, fitur drone hingga jangkauan terbang drone merupakan tiga hal utama yang harus benar-benar Anda perhatkan sebelum Anda memilih drone yang akan Anda beli. Hal ini bertujuan agar Anda dapat membeli drone yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda untuk menggunakannya. Akan lebih baik lagi jika Anda didampingi oleh teman Anda yang lebih paham mengenai drone tersebut.